Perjuangan Bangsa Bagi Millenial

Assalamualaikum wr.wb.

Saya Kartika Indah Lestari dengan NIM 20058 mahasiswa Akademi Keperawatan Polri tingkat 1B. Disini saya akan berpendapat tentang perjuangan pahlawan.

Pahlawan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam Negara Indonesia, dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut data Kementerian Sosial RI, hingga November 2010 tedapat 149 tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Pahlawan adalah orang yang sangat berjasa dalam sejarah Indonesia. Perjuangan mereka harus kita hormati dan hargai sebab tanpa bantuan perjuangan mereka, Indonesia akan sulit mencapai kemerdekaan seperti sekarang ini.

Beberapa hari yang akan datang, tepatnya pada tanggal 10 November negara kita akan memperingati Hari Pahlawan. Pada  tanggal 10 november juga dikenal sebagai Pertempuran Surabaya. Kita sebagai generasi millenial penerus perjuangan bangsa harus memajukan Indonesia yang sudah ditunjang oleh kemajuan teknologi.

Bagai semangat bung Tomo yang menggelegar, semangat pemuda millenial juga harus menggelegar. Kita memang tidak ikut serta dalam perjuangan yang mengorbankan ribuan nyawa. Namun kita, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa sudah sepatutnya memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman.

Jadilah pahlawan dengan meniru semangat juang para pahlawan kita yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia. Bangsa ini membutuhkan banyak pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai. Jadilah pahlawan dalam segala bidang kehidupan.

Tinggalkan Balasan