Pemuda pemudi

Pahlawan

PEMUDA PEMUDI

kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para Pemuda dan Pemudinya. Para pemuda – pemudi berjuang demi bangsa ini dan mereka rela berkorban demi terciptanya kemerdekaan. Salah satu bentuk perjuangan mereka adalah dengan menculik soekarno dan moh hatta untuk mempercepat kemerdekaan indonesia.

Pemuda – pemudi berkumpul menjadi satu dari sabang sampai merauke untuk menyuarakan kemerdekaan pada tanggal 28 oktober 1928 hari sumpah pemuda dan 10 november 1945 terjadinya hari pahlawan. Pada tanggal 10 november memilliki makna yang sangat kuat bagi bangsa Indonesia, dimana bangsa Indonesia melahirkan pahlawan – pahlawan yang rela berkorban demi bangsa ini.

Para pahlawan berjuang hingga titik darah penghabisaan untuk masyarakat Indonesia. Maka dari itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus tetap mengenang jasa – jasa para pahlawan, seperti melakukan upacara bendera, menerapkan nilai – nilai pancasila dalam kegiatan apapun, dan memahami pelajaran kewarganegaraan dan pancasila.

Sebagai masyarakat Indonesia juga kita harus taat pada peraturan karena sama aja kita menghargai perjuangan para pahlawan. Jika bukan kita siapa lagi yang akan mengenang pahlawan, pahlawan juga memberikan contoh yang sangat baik bagi kita untuk tetap berjuang, demokrasi, tidak apatis, dll.

Akan tetapi masih banyak pemuda – pemudi di Indonesia yang apatis (tidak peduli) dalam melestarikan jasa pahlawan ,padahal pahlawan adalah orang yang membuat negara Indonesia terlepas dari para penjajah. Jika kita tidak menghargai jasa pahlawan sama saja Kita tidak menghargai perjuangan mereka, yang menyebabkan negara mudah hancur dan munculnya pertikaian- pertikaian.

Disini bisa kita simpulkan bahwa para pahlawan merupakan orang yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia ,dari semua kalangan mereka bersatu demi terciptanya negara yang makmur dan akan berdiri tegak tanpa campur tangan pihak asing (penjajah). Mereka perlu dihargai dan harus diperingati, maka dari itu tanggal 10 november ditetapkannya hari Pahlawan.

Inilah beberapa contoh pahlawan negara republik Indonesia Ir. Soekarno, Moh hatta, ahmad yani, ki hajar dewantara, Ra Kartini, bung tomo, dll. Mereka diberi gelar sebagai pahlawan kemerdekaan dan dibuatnya tugu pahlawan di Surabaya, untuk menghargai jasa – jasa para pahlawan.

 

Tinggalkan Balasan