MEMBANGKITKAN SEMANGAT JUANG 45 DARI MAHASISWA UNTUK INDONESIA

Indonesia adalah suatu negeri yang kaya akan kekayaan alam nya, yang kaya akan pemadangan indahnya dan yang kaya akan terkenal ramahnya warga negara Indonesia. Selain Indonesia juga kaya dengan sumber daya alam nya , di Indonesia juga kaya akan sumber daya manusia nya karena merupakan negara terpadat juga. Indonesia merupakan negara ke 4 akan penduduk terpadat diantara negara-negara lain, atau sekitar 268.074.600 penduduk nya.

 

Sekarang memulai pembahasan dengan kata mahasiswa, mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menjalankan pendidikan keperguruan tinggi yang terdiri dari sekolah tinggi, akademi, atau universitas. Nilai nasionalisme harus terus diterapkan pada anak usia dini, agar tahu arti saling menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia. Masa depan memang tidak ada yang tahu pasti tetapi jika diajarkan untuk terus berjuang dari kecil maka semua akan terbiasa.

 

Seharusnya para mahasiswa harus mempunyai suatu keyakikan yakni jangan mudah menyerah sebelum mencobanya, dan mencoba menyelesaikan masalah sesuai kedewasaan sehingga pekerjaan yang di kerjakan akan ringan. Ini salah satu hal yang dapat membangkitkan semangat juang 45 yakni tidak mudah menyerah dalam pekerjaan yang diemban. Generasi muda khususnya mahasiswa harus mewarisi semangat kejuangan para pahlawan kemerdekaan yang mempertaruhkan darah dan nyawanya.

 

Generasi muda khususnya mahasiswa agar meresapi nilai-nilai kebangsaan dalam rangka mengisi kemerdekaan agar tidak terjerumus pada perpecahan. Jika mengingat kata kata dari bung karno ” beri aku 10 pemuda maka akan ku guncangkan dunia”. Artinya, adalah mahasiswa apalagi generasi muda bisa mengubah dunia dengan yang lebih baik lagi dengan lebih terarah karena mempunya sifat yang sangat semangat dan bila diasah terus akan terus mengeluarkan sesuatu yang positif terutama untuk negeri.

 

Padahal, apabila kita menelaah lebih dalam makna kebangsaan dalam berkehidupan sosial, tidak selamanya orientasi kebangsaan berujung pada politik. Karena apabila diresapi dengan implementasi nyata, maka bisa jadi tindak lanjut dari kepekaan terhadap wawasan kebangsaan dapat mengarah pada implementasi horisontal dan vertikal.

 

Angka 45 biasa diidentikkan dengan jargon “Semangat Juang 45” yang memiliki arti semangat kepahlawanan, semangat dalam menegakkan kedaulatan rakyat, semangat persatuan, semangat pengorbanan, semangat tahan derita dan juga semangat untuk memberikan rasa percaya diri kepada diri sendiri.

 

Jadi dapat disimpulkan sebagai mahasiswa seharusnya kita dapat melantangkan suara kita untuk perubahan negera Indonesia ini. Dan para Intelektual khususnya mahsiswa jangan lah membiarkan yang lemah terpojok, pentingnya kita setara dengan yang lain, dan hidup saling menghargai sebagaimana rakyat Indonesia itu dikenal.

Tinggalkan Balasan