Semangat

Topik: Mengimplementasikan Semangat Juang 45 kepada Mahasiswa dalam rangka Mewujudkan Generasi Emas Indonesia.

Kita sebagai mahasiswa sudah pasti akan meneruskan dan mewujudkan bangsa Indonesia yang maju. Kita semua akan menjadi penerus bangsa di masa depan. Kita juga akan menjaga dan mengawal indonesia agar menjadi negara yang baik.

Contoh hal kecil yang dapat dilakukan para mahasiswa dalam menerapkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menjadi pribadi yang adil dan bertanggung jawab, saling membantu dan gotong royong, menjalankan syariat agama dengan baik dan benar, bijaksana dalam mengambil keputusan, dan lain sebagainya. 

Mahasiswa harus berada di barisan paling depan dan menjadi gugusan utama masyarakat dan bangsa Indonesia yang senantiasa bergotong royong dan bekerja sama memajukan masyarakat, membangun bangsa, memakmurkan NKRI yang berideologi Pancasila berdasarkan konstitusi UUD 1945 dengan etos dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

Semangat juang dalam mewujudkan generasi emas yaitu, pertama tetap bersaudara meskipun berbeda. Beragamnya suku juga budaya di Indonesia sudah tentu bahwa terdapat banyak perbedaan yang dimiliki penduduk Indonesia.

Namun meskipun begitu kita tetap bersaudara. Bertemanlah dengan siapapun tanpa melihat suku, agama, atau budaya tertentu. Ciptakanlah kerukunan antar bangsa yang mengantarkan kita ke dalam kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Jangan sampai perbedaan malah menjadi sumbu pertikaian. Perbedaan itu indah!

Kedua, menyempurnakan penggunaan bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia akan membuat kita mudah untuk berkawan dengan saudara setanah air dari daerah lain. Di saat bahasa daerah menjadi penghalang komunikasi, Bahasa Indonesia lah yang menjadi penghubung komunikasi antar warga Indonesia.

Ketiga, Berkarya di Internet. Tumbuh bersama teknologi membuat generasi milenial sangat erat hubungannya dengan internet. Di luar buku, internet menjadi wadah untuk generasi milenial belajar. Kita bisa membuat vidio, cerita atau apapun tentang Indonesia ini dan mengunggahnya di internet.

Itulah semangat juang menurut saya, Selebihnya saya mohon maaf jikalau ada kesalahan kata. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan