Sekolah Guru Indonesia Melahirkan Guru Hebat Kabupaten Sukabumi

SGI-Master Teacher Wilaya Sukabumi angkatan 45
foto doc.SGI 45 Sukabumi

Perkuliahan   SGI Master Teacher Angkatan 45 dilaksanakan pada hari Jumat, 15 April  2022. Kegiatan ini di selenggarakan oleh Sekolah Guru Indonesia mulai pukul 08.00 -14.00 WIB. bertempat di MI 1 Curug Kabupaten Sukabumi . Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengelola Guru Dian Rahmayanti, 2 Pemateri Guru Marni Lestarina , Guru Nurkaidah dan  18 peserta dari wilayah kabupaten Sukabumi.  Perkuliahan ini serempak di laksanakan dari berbagai wilayah yaitu  dari lima Kabupaten dan tiga Kota; Kabupaten Bogor-Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi-Jawa Barat, Kabupaten Lima puluh kota-Sumatra Barat. Kabupaten Kubu Raya- Kalimantan Barat.Kabupaten Sinjai- Sulawesi Selatan, Kota Jakarta Selatan- DKI Jakarta, Kota Samarinda-Kalimantan Timur, Kota Depok -Jawa Barat. Kegiatan perkuliahan SGI_School Of Master Teacher   berlangsung selama 6 jam secara Tatap muka  diawali denganKegiatan Apel Pagi Oleh peserta  pembukaan oleh MC, dilajutkan dengan Tilawah Al-Quran, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan MARS SGI , 10 Kepemimpinan Guru, Bedah Buku penutup Do’a.

Foto doc. Apel SGI -SMT 45 Sukabumi

Sesi selanjutnya Sambutan dari Pengelola  SMT 45 Wilayah Sukabumi Guru Dian rahmayanti, dilanjut dengan perkuliahan materi “Pembelajaran Berdiferensiasi” kemudian di akhiri dengan penutup dan Foto Bersama.

Pada Kesempatan tersebut pengelola  mengucapkan  terimakasih kepada Guru-guru hebat wilayah sukabumi yang telah meluangkan waktunya saat Libur untuk meningkatkan ilmu dengan perkuliahan SMT secara  tatap muka, begitu antusiasnya guru karena baru pertama kali Wilayah Sukabumi mengadakan School Of Master Teacher dari Sekolah Guru Indonesia. sesi berikutnya sebelum ke materi “Pembelajaran Berdiferensiasi ” untuk mencairkan suasana agar tidak tegang di laksanakan Ice Breaking, yang berhubungan dengan Covid,

Materi Pembelajaran Berdiferensiasi

 untuk melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi  langkah yang kita lakukan adalah Melakukan asesmen awal dari kita akan mendapatkan atau memperoleh data agar kita dapat memecahkan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan minat dan belajar murid kita lakukan maka kita dapat memilih strategi proses dari sini kita akan pembelajaran ini adalah pembelajaran yang sesuai dengan filosofi dan pemikiran pendidikan .

pembelajaran dengan guru dengan Mengambil dan menentukan serangkaian keputusan yang masuk akal dengan melihat kebutuhan murid pembelajaran seperti ini adalah pembahasan yang sangat cocok diterapkan pada pembelajaran jarak jauh, dan tentunya akan memberikan solusi untuk pembelajaran tatap muka nantinya setelah atau berakhirnya masa pandemi covid 19  pembelajaran ini disebut pembelajaran Berdifrensiasi pembelajaran yang ada usaha di dalamnya bagi guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas yang diampu .

Adapun ciri-ciri atau karakteristik dari pembelajaran berdifrensiasi 

  • lingkungan belajar
  • tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas
  • penilaian berkelanjutan 
  • merespon kebutuhan muridnya
  • manajemen kelas yang efekktif.

Langkah-langkah yang dilakukan dimulai dengan memetakan kebutuhan belajar murid. dengan mengkategorikan tiga aspek 

– kesiapan belajar murid dengan melihat hasil pembelajaran sebelumnya.

Minat murid  

yang memberikan kebebasan murid untuk melakukan sesuatu yang dikuasai yang dihubungkan dengan materi pembelajaran yang akan diberikan. 

Profil belajar murid

 dengan memperhatikan gaya belajar yang di miliki  murid  yang misalnya lebih cenderung  melihat9 visual),  beelajar dengan mendengar (auditori ) gaya Belajar murid, sambil melakukan gerak  ( Kinestetik) dan lain sebagainya 

starteginya  dilihat dari konten , proses dan produk . 

-Konten

mengacu pada apa yang di pelajari dan materi pelajaran yang disajikan kontennya.

-Proses

mengacu pada modifikasi aktivitas instruksional atau model pengajaran yang di gunakan guru untuk memastikan bahwa siswa menggunakan keterampilan kunci” untuk menganalisis gagasan dan informasi.

-Produk

Adalah keluaran di mana sarana siswa mendemontrasikan apa yang telah mereka pelajari.

kegiatan perkuliahan diakhiri dengan kesan dan pesan para guru wilayah Sukabumi, mengatakan bahwa”

  • Senang bisa tatap muka dengan Guru -guru semua serta  mendpat banyak Ilmu.
  • Pembelajaran yang menarik sehingga bisa menjadi motivasi kita untuk memahami kriteria siswa semoga dengan adanya pembelajaran Berdiferensiasi bisa menjadi guru yang lebih baik
  • Pembelajaran menjadi lebih mudah karena bisa mengajar sesuai dengan minat anak.

#sekolahguruindonesia

#dompetduafa

#banggajadiguru

#gurupemimpin

#menggerakanindonesia

#marnilestarina

Tinggalkan Balasan

News Feed