Euro 2020 : Lawan Portugal Ibarat Laga Final bagi Jerman

Skuad Tim Jerman di Euro 2020 (Foto AFP)

Pertandingan Grup F pada ajang Piala Eropa 2020 berlangsung di Allianz Arena, Munich, Jerman pada Sabtu (19/6) pukul 23.00 WIB. Tuan rumah Jerman akan menjamu Portugal.

Setelah ditaklukkan Prancis dengan skor 0-1, Jerman tidak punya pilihan lain selain menyapu bersih dua pertandingan tersisa untuk lolos ke babak 16 besar.

Jika Jerman, juara Euro tiga kali ini sampai kalah dari juara bertahan Portugal dalam laga tersebut maka mereka memiliki peluang lolos yang semakin kecil.

Jerman berada di bawah tekanan berat tetapi memiliki beberapa hal positif untuk dibangun dari kekalahan melawan Prancis tersebut.

BACA JUGA :¬†Sosok Roberto Mancini sebagai Pelatih Jenius “Gli Azzurri” Italia.¬†

Pada susunan starting eleven, kecil kemungkinan akan ada perubahan kecuali ada cedera baru. Sejatinya mereka saat bertemu Prancis bermain sangat baik.

Dalam laga itu juga hanya insiden gol bunuh diri Mats Hummels pada menit ke-20 yang menjadi pembedanya dengan Prancis.

Jerman ibarat menghadapi laga final menghadapi Portugal ini. Laga yang harus dimenangkan oleh skuad asuhan Joachim Loew.

Jerman punya catatan positif dalam pertemuan laga mereka melawan Portugal. Dalam 18 laga yang sudah mereka jalani sebelumnya, Jerman hanya 3 kali mengalami kekalahan, 5 laga berakhir imbang. Sedangkan 10 laga lainnya berakhir dengan kemenangan.

Catatan tersebut bisa menjadi motivasi pasukan Der Panzer untuk menghadapi laga hidup mati melawan Portugal.

Suatu hal yang juga patut menjadi perhatian adalah dalam empat pertemuan terakhir mereka sejak 2006, tim asuhan Joachim Loew ini selalu menang.

Hal ini juga akan membuat Thomas Muller dan kawan-kawan mengapungkan rasa optimistis bisa menaklukkan Portugal.

Modal penting lainnya dari skuad Der Panzer adalah laga ini berlangsung di kandang yaitu Stadion Allianz Munich.

Dipastikan dukungan penonton sebanyak 25 persen dari kapasitas tempat duduk stadion, akan membuat spirit bertanding tim Jerman semakin berlipat.

Memang saat ini Portugal sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi. Juara bertahan Euro 2016 dan juara UEFA Nations League 2019 ini berhasil menampilkan karakter permainan yang agresif dan mengesankan.

Cristiano Ronaldo, mega bintang Portugal juga sedang dalam performa panas menghadapi laga ini. Dua golnya ke gawang Hongaria telah membuat Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak diajang EURO, dengan 11 gol.

Kini dia telah sejajar dengan pemegang rekor sebelumnya Michel Platini dengan 9 gol. Penyerang Portugal ini juga menjadi pemain pertama yang tampil dan mencetak gol di lima turnamen ajang EURO.

Namun gaya Jerman cenderung menyebabkan masalah bagi Portugal. Pada sisi lain ada banyak hal yang menunjukkan bahwa tim asuhan Fernando Santos ini juga bisa menyerang lawan mereka dengan taktis.

Kemenangan pada laga pertama Portugal 3-0 atas Hungaria, memacu spirit dan tekad mereka untuk meraih kemenangan atas Jerman meski bermain di Allianz Stadium sekalipun.

Portugal di Euro 2020 ini sangat berambisi membuat prestasi seperti kisah sukses Spanyol mempertahankan tahta juara Euro ini pada 2008 dan 2012.

Tekad Portugal tersebut bisa kita tangkap dari pernyataan Fernando Santos, pelatih Portugal seperti dilansir UEFA.com (17/6/21) :

“Kami memulai dengan kemenangan, tetapi hanya tiga poin. Kami memiliki dua pertandingan yang sangat penting untuk diikuti. Ini adalah EURO dan kami harus konsisten.”

Sementara pada situs resmi UEFA tersebut juga Joachim Loew , Pelatih Jerman mengatakan :

“Ambisi dan determinasi tim tetap patut dicontoh. Itu sebabnya kami tahu kami bisa membalikkan keadaan. Jika kami bisa lebih kuat di depan, kami akan bisa mengalahkan Portugal.”

Tekad positif dari skuad Jerman ada dalam pernyataan Joachim Loew. Mereka bagaimanapun harus menghadapi fakta di depan yaitu sebuah laga yang harus dimenagkan. Tidak ada jalan lain.

Salam bola @hensa

Tinggalkan Balasan