FIFA Merilis Logo Resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023

Piala Dunia U-20 adalah ajang terbesar kelompok usia dibawah 20 tahun sebagai upaya memupuk talenta paling cerdas di dunia sepak bola Pria Internasional.

BACA JUGA : Novel : Kisah Cinta Jomlo Pesantren (1). 

Ajang bergengsi ini berlangsung dua tahun sekali dengan penyelenggara Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA. Piala Dunia U-20 menampilkan 24 negara yang bersaing ketat untuk memperebutkan trofi juara Dunia.

Pada tahun 2023 giliran Indonesia bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Ajang yang seharusnya berlangsung tahun 2021 tertunda karena adanya pandemi covid19.

Dengan para peserta putaran final sebelumnya harus melalui jalur kualifikasi kontinental untuk menentukan 23 tim dan tim tuan rumah berlaga di putaran final.

Baca juga: Makna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia bagi Skuad Garuda Asia.

Selama sejarah kompetisi ini telah menghasilkan sebelas juara sebelumnya yaitu Argentina, Brasil, Portugal, Serbia, Ghana, Spanyol, Rusia, Jerman, Inggris, Prancis, dan Ukraina.

FIFA akhirnya resmi meluncurkan dan merilis Logo Resmi Piala Dunia U-20 Indonesia Tahun 2023 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke77 pada 17 Agustus 2022.

Dalam rilisnya melalui situs resmi FIFA.com (17/8/22) FIFA menyatakan : “Logo resmi Piala Dunia U-20 FIFA Indonesia 2023 telah diluncurkan di FIFA.

“Sembilan bulan sebelum bintang-bintang yang sedang naik daun memulai upaya mereka untuk meraih kejayaan,” demikian bunyi pernyataan resmi yang dilansir laman FIFA tersebut.

FIFA meluncurkan logo tersebut bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sebagai kado istimewa.

Melihat logo tersebut, ada nuansa kemeriahan dari turnamen yang akan berlangsung dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023 di Indonesia, yang terkenal dengan semarak para suporternya.

Turnamen ini juga memberikan landasan kuat bagi bakat-bakat muda di seluruh Dunia agar menjadi pesepak bola masa depan di negara mereka. Khususnya talenta-talenta muda Indonesia yang akan mengangkat kualitas sepak bola negeri ini.

Pada laman FIFA tersebut juga memberi penjelasan bahwa Logo Piala Dunia U-20 Indonesia 2023, terinspirasi oleh warna bendera nasional Indonesia.

Terispirasi oleh laut biru kehijauan yang memesona, dan arus yang mengalir melalui kepulauannya, mahkota lambang mewakili hasrat global untuk permainan di berbagai benua.

Peluncuran ini juga menurut pernyataan FIFA, memberikan gambaran kepada para penggemar dan pemain di seluruh dunia.

Mereka berharap tentang apa yang menjadi impian tahun depan ketika menjelajahi semangat, warna, keragaman dan euforia perayaan dari sebuah kompetisi di jantung Asia Tenggara yaitu Indonesia.

Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza menambahkan seperti rilis FIFA.com (17/8/22):

“Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia, dan peluncuran lambang resmi merupakan tonggak yang menarik dalam perjalanan ini.

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia.”

Ajang ini bagi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023 dipastikan akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air.

Begitu pula ada peninggalan dari infrastruktur yang telah dibangun secara signifikan akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Logo sudah dirilis resmi oleh FIFA. Jadwal juga sudah ditentukan dari 20 Mei sampai dengan 11 Juni 2023. Tinggal menunggu undian pembagian grup.

Bagi Timnas U-20 Garuda Muda sudah harus bersiap-siap menghadapi ajang bergengsi Piala Dunia U-20 ini. Sebagai tuan rumah, Indonesia harus melakukan banyak hal agar bisa berprestasi tinggi. Semangat untuk Garuda Muda.

Bravo Merah Putih @hensa.

Foto : Logo Piala Dunia U20 Indonesia 2023 (Sumber Foto PSSI).