PSIS Lolos Lewat Drama Adu Penalti

Sumber gambar : instagram.com/pialapresiden

PSIS Semarang berhasil menaklukkan Bhayangkara FC lewat drama adu penalti dengan skor 9-8 dalam laga babak Perempat Final Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang pada hari Minggu (03/07/2022) sore WIB.

Dengan demikian, PSIS Semarang memastikan maju ke babak Semi Final.

Laga PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC yang dihadiri puluhan ribu suporter PSIS Semarang Panzer Biru berakhir dengan skor imbang 1-1 pada waktu normal 90 menit.

PSIS Semarang sempat mencetak gol lebih dulu lewat gol yang dicetak oleh Wawan Febrianto pada menit injuri time (45+1).

Namun, Bhayangkara FC berhasil menyamakan kedudukan menjadi   imbang 1-1 lewat gol yang dicetak oleh Youssef Ezzejjari pada menit ke-57.

Laga kemudian berlanjut ke babak adu penalti. Pada 5 penendang pertama, skor juga masih imbang 4-4. Barulah di 5 penendang berikutnya, PSIS Semarang unggul 9-8.

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC :

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, baik PSIS Semarang maupun Bhayangkara FC langsung tampil terbuka dan sama sama saling melancarkan serangan gencar ke pertahanan lawan.

Tempo permainan yang diperagakan oleh kedua tim terlihat  berlangsung tinggi.

Laga baru berjalan tiga menit, Anderson Salles berhasil menyundul bola di depan gawang PSIS Semarang. Sayangnya bola hanya menerpa bagian atas jala gawang PSIS Semarang.

Pada menit ke-14, Bhayangkara FC kembali mendapatkan peluang lewat tendangan Andik Vermansyah. Namun bola dapat  diblok Frendi Saputra dengan kakinya sehingga bola tak mengarah ke gawang.

Empat menit berselang, giliran Wahyu Subo Seto yang mengancam gawang PSIS Semarang lewat tendangan dari jarah jauh namun bola masih mampu ditepis penjaga gawang PSIS, Yofandani.

Peluang pertama PSIS Semarang baru hadir  di menit ke-21 lewat tendangan Carlos Fortes Sayangnya, bola masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-22, PSIS Semarang sudah harus melakukan pergantian pemain. Eka Febri ditarik keluar karena cedera dan digantikan Guntur Triaji.

Laga berlanjut semakin sengit. Meski PSIS Semarang masih belum bisa melepaskan shot on target. Pengawalan ketat dari pemain bertahan Bhayangkara FC terhadap tiga pemain andalan tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar yakni, Taisei Marukawa, Carlsos Fortes dan Jonathan Cantillana nampak cukup berjalan efektif.

Shot on target PSIS Semarang baru bisa hadir di menit ke-38 lewat tendangan jarak jauh Fredyan Wahyu yang memaksa penjaga gawang Awan Setho melakukan penyelamatan spektakuler.

Bhayangkara FC juga mendapat peluang di menit ke-40 melalui sundulan Anderson Salles. Namun bola masih tipis menyamping di sisi kiri gawang PSIS Semarang.

PSIS Semarang akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit injury time (45+1) ketika Wawan Febriyanto berhasil membobol gawang Bhayangkara FC lewat tendangan keras.

PSIS Semarang unggul 1-0.

Laga berlanjut dengan tensi yang semakin tinggi. Sempat terjadi tindakan kontroversial dilakukan Youssef Ezzejari jelang akhir babak pertama ketika melakukan sikutan secara sengaja ke bagian perut dari Fredyan Wahyu.

Menariknya, Ezzejari hanya mendapatkan kartu kuning dari wasit.

Babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan PSIS Semarang.

Babak Kedua 

Memasuki babak kedua, PSIS Semarang yang mendapat dukungan luar biasa dari suporternya langsung bermain lebih menyerang meski sudah unggul satu gol.

PSIS Semarang memiliki tiga peluang beruntun di menit ke-48. Diawali dari bola tendangan Frendi Saputra masih bisa diblok penjaga gawang Awan Setho. Kemudian Wawan Febrianto yang menyosor bola rebound gagal meneruskan bola ke dalam gawang. Bola yang masih bergerak liar gagal juga diselesaikan oleh Jonathan Cantillana.

Hanya dua menit berselang, giliran Bhayangkara FC yang mendapatkan peluang melalui tendangan keras Youness Mokhtar. Sayangnya, bola masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Yofandani.

Pada menit ke-52, Muhamad Hargianto melakukan tendangan keras, namun bola masih melambung di atas mistar gawang PSIS Semarang.

Penjaga gawang Yofandani membuat blunder di menit ke-54 ketika gagal menangkap bola dengan baik tendangan pelan dari Youness Mokhtar. Beruntung, Wahyu Prasetyo ada di posisi yang tepat untuk membuang bola liar tersebut

Pada menit ke-57, Bhayangkara FC berhasil menyamakan kedudukan  di menit ke-57. Berawal dari tendangan Dendy Sulistyawan yang baru masuk lapangan, namun bola terlepas dari tangkapan penjaga gawang Yofandani kemudian bola liar disambar dengan cepat oleh Youssef Ezzejjari dan masuk ke gawang PSIS Semarang.

Skor pun berubah menjadi imbang 1-1.

Laga kembali berjalan dengan sengit. PSIS Semarang langsung merespon dengan permainan cepat yang merepotkan pemain bertahan tim berjuluk The Guardians.

Fedyan Wahyu nyaris membawa PSIS Semarang kembali unggul di menit ke-66 ketika tendangan kerasanya dari dalam kotak penalti namun bola masih membentur mistar gawang Bhayangkara FC.

Pada menit ke-79, beberapa blunder yang dilakukan penjaga gawang Yofandani membuat pelatih PSIS Semarang Sergio Alexandre menarik keluar Yofandani dan digantikan Ray Redondo.

Pada menit injury time (90+4), Taisei Marukawa memiliki peluang apik di depan gawang Bhayangkara FC. Sayangnya bola yang sudah tak terjangku penjaga gawang Awan Setho masih bisa dihalau oleh kaka Ruben Sanadi.

Hingga babak kedua berakhir, skor tetap imbang 1-1 dan laga pun dilanjutkan dengan adu penalti.

Babak Adu Penalti

PSIS Semarang :

– Carlos Fortes – Gol

– Jonathan Cantillana – Gagal

– Fredyan Wahyu – Gol

– Alie Sesay – Gol

– Taisei Marukawa – Gol

– Oktavianus Fernando – Gol

– Frendi Saputra – Gol

– Dewangga – Gol

– Wahyu Prasetyo – Gol

– Hari Nur Yulianto – Gol

Bhayangkara FC :

– Anderson Salles – Gagal)

– Muhamad Hargianto – Gol

– Sani Rizki – Gol

– Youssef Ezzejjari – Gol

– Dendy Sulistyawan – Gol

– Ruben Sanadi – Gol

– Finky Pasamba – Gol

– Kasim Boran – Gol

– Arsyaq Gufron – Gol

– Putu Gede – Gagal

Skor akhir : 9-8

 

NH

Depok, 3 Juli 2022

Tinggalkan Balasan