Bali United Tundukkan Persebaya 1-0

Bali United berhasil menaklukkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0 dalam laga terakhir di Grup C Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung  pada hari Senin (20/06/2022) malam WIB.

Satu satunya gol yang membawa kemenangan tim berjuluk Serdadu Tridatu ini dicetak oleh Ramdani Lestaluhu pada menit ke-51.

Menariknya, tiga gol Bali United di babak penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 ini dicetak oleh mantan pemain Persija Jakarta yang baru hijrah ke Bali United, yakni Novri Setiawan (2 gol) dan Ramdani Lestaluhu (1 gol).

Berikut ulasan singkat jalannya laga antara Bali United melawan Persebaya Surabaya :

Babak Pertama 

Mengawali babak pertama, kedua tim bermain dalam tempo sedang. Kedua tim sama sama lebih banyak memainkan bola di tengah lapangan sambil mencari celah untuk bisa menembus pertahanan lawan.

Pada menit ke-7, Bali United menebar ancaman pertama ke gawang Persebaya Surabaya lewat skema sepak pojok.

Situasi ini menciptakan kemelut di depan gawang Persebaya Surabaya. Namun, penjaga gawang Satria Tama masih mampu menghalau bola.

Selepas itu, kedua tim sama sama masih kesulitan dalam membongkar pertahanan lawan.

Barulah pada menit ke-18, Persebaya Surabaya memperoleh peluang lewat tendangan Sílvio Rodrigues. Namun, bola masih terlalu lemah sehingga dapat ditangkap penjaga gawang Rakasurya Handika.

Pada menit ke-25, tim berjuluk Bajul Ijo ini kembali memperoleh peluang lewat tendangan bebas Higor Vidal di depan kotak penalti. Akan tetapi, bola masih melambung di atas mistar gawang Bali United.

Pada menit ke-28, giliran Bali United memperoleh peluang lewat sundulan Irfan Jaya setelah menerima umpan silang dari Yabes Roni. Nanun bola masih melambung di atas mistar gawang Persebaya Surabaya.

Pada menit ke-34, Persebaya Surabaya memperoleh peluang lagi lewat tendangan bebas Sílvio Rodrigues. Namun bola yang sempat memantul runput masih dapat ditepis penjaga gawang Rakasurya Handika.

Hanya berselang dua menit, aksi Muhammad Supriadi yang mampu mengecoh dua bek Bali United di dalam kotak penalti. Namun, penyelesaian akhir Supriadi dengan tendangan dari jarak dekat gagal menemui sasaran.

Hingga babak pertama berakhir, skor masih tetap imbang 0-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, pelatih Aji Santoso melakukan tiga pergantian pemain. Salah satunya  memasukkan punggawa timnas Indonesia Marselino Ferdinan yang menggantikan Higor Vidal.

Sementara itu, Bali United membuka peluang lebih dulu pada menit ke-47 melalui tendangan bebas Eber Bessa. Bola gagal ditangkap penjaga gawang Satria Tama dengan sempurna.

Beruntung, bola rebound tak mampu dimanfaatkan pemain Bali United lainnya karena sudah terperangkap offside.

Pada menit ke-51, Bali United akhirnya berhasil membobol gawang Persebaya Surabaya setelah memanfaatkan situasi sepak pojok.

Umpan Eber Bessa dipantulkan oleh Jajang Mulyana. Bola liar kemudian jatuh ke kaki Ramdani Lestaluhu yang berdiri bebas dan langsung melepaskan tendangan yang membuat bola meluncur masuk ke gawang Persebaya Surabaya.

Ramdani pun langsung berselebrasi dengan gaya khasnya, dor dor dor ..

Bali United unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Persebaya Surabaya berusaha meningkatkan tekanan ke pertahanan Bali United.

Pada menit ke-68, Persebaya Surabaya memperoleh peluang lewat tendangan pemain pengganti Ahmad Nufiandani dari luar kotak penalti. Akan tetapi, bola masih dapat ditepis penjaga gawang Rakasurya Handika.

Beberapa menit berselang, crossing Altariq Ballah mengarah ke gawang Bali United. Namun bola masih dapat ditepis penjaga gawang Rakasurya Handika.

Persebaya Surabaya terus melancarkan gempuran ke pertahanan Bali United. Pada menit ke-89, Bajul Ijo memperoleh peluang lewat tendangan bebas pemain pengganti Brylian Aldama. Namun bola masih belum tepat sasaran.

Hingga babak kedua berakhir setelah melalui tujuh menit injuri time, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Bali United

 

NH 

Depok, 20 Juni 2022

Tinggalkan Balasan