Kisah-Kisah Perjalanan: Pantai Pasir Putih, Krem, atau Hitam?

Pantai jember
Kalian lebih suka mana? Bermain ke pantai yang pasirnya putih, krem, atau yang hitam?

Wah kalau aku sendiri tak begitu masalah dengan warna pasirnya. Memang sih yang paling menarik itu pantai yang pasirnya putih karena biasanya butirannya halus dan juga indah bila difoto.

Beberapa kali aku menjumpai pantai yang berpasir putih. Umumnya pantai berpasir putih ini berupa pulau mungil atau gosong yang hilang ketika air sedang pasang.

Rupanya tidak semua pantai berpasir putih yang halus seperti bubuk tepung terigu. Ada juga pasir yang ukurannya agak besar seperti merica seperti yang kutemui di Tanjung Aan.

Pantai berpasir putih yang kuingat akan keindahannya yaitu di sebuah pulau kecil di Kepulauan Karimunjawa dan sebuah gosong di Kepulauan Derawan. Memang indah. Warna putih pasir ini kontras dengan baju kami dan juga warna langit dan air laut yang kebiruan. Indah.

Gosong derawan
Pantai berwarna krem kekuningan atau kecokelatan paling banyak kujumpai. Pantai berpasir dengan warna ini juga tak kalah menawan. Apalagi jika ada tebing-tebing dan batu karang atau juga bayu granit. Wah indahnya.

Pantai Slopeng di Madura dan juga Pantai Tanjung Papuma di Jember adalah contoh-contoh pantai indah berpasir krem kecokelatan. Pantai Tanjung Papuma menawan dengan batu karangnya dan perahu-perahu nelayan. Sedangkan Pantai Slopeng menawarkan jasa berkuda menyusuri pantai.

Pantai berpasir cokelat lainnya yang juga indah adalah Pantai Teluk Penyu di Cilacap. Di sini pantainya memiliki garis pantai yang panjang dan jembatan yang digunakan untuk duduk-duduk atau memancing.

Slopeng
Pantai dengan pasir kehitaman kutemui ketika berada di Anak Gunung Krakatau. Di pantai dari pulau yang merupakan gunung berapi ini terdapat pasir kehitaman karena bercampur abu vulkanik. Kami singgah ke sini sebentar, ketika gunung sedang dalam kondisi aman.

Pantai dengan pasir kehitaman juga ada di pantai bagian selatan seperti Pantai Pananjung di Pangandaran dan Watu Ulo di Jember.

Sebenarnya ada lagi pantai dengan pasir kekuningan dan pantai dengan warna agak merah mudah alias pink, juga pantai dengan warna pasir hitam pekat. Pantai dengan jenis pasir ini jarang ditemui.

Watu ulo
Tapi apapun warna pasirnya asalkan pantainya bersih dan dirawat juga akan menarik untuk dikunjungi. Oh iya hentikan bentuk jualan pasir pantai karena hal tersebut membahayakan ekosistem lingkungan pantai.

Gambar dokpri,  foto paling bawah pernah dipublikasikan di Detik

Tinggalkan Balasan